Waspada! Berikut Ini Adalah Tanda-Tanda Gejala Usus Buntu

Jika anda sering merasa sakit di bagian pusar anda, khususnya ketika bagian tersebut ditekan, anda harus waspada sebab itu bisa jadi pertanda awalgejala usus buntu. Siapa yang tidak kenal dengan penyakit ini? Apendisitis, atau biasa dikenal dengan sebutan penyakit radang usus buntu merupakan gangguan infeksi yang menyerang usus buntu akibat adanya penyumbatan oleh benda-benda keras di dalam tinja. Radang usus buntu juga bisa terjadi ketika ada berbagai macam infeksi yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening. Usus buntu ini tidak boleh diremehkan, sebab jika penyakit ini tidak segera ditangani, maka usus buntu dapat pecah sehingga menimbulkan nanah. Jika hal ini terjadi, maka usus dapat kehilangan fungsinya dan menyebabkan kematian pada pengidapnya. Sayangnya, masih banyak orang yang belm bisa membedakan rasa sakit perut biasa dengan rasa sakit yang menyebabkan usus buntu. Berikut ini adalah gejala-gejala awal untuk mengenali penyakit usus buntu.

Demam
Demam merupakan salah satu gejala usus buntu awal. Pada tahapan pertama penyakit usus buntu, pengidap kerap kali terserang demam hingga menggigil dan gemetar. Namun tidak sembarang demam dapat dikategorikan sebagai gejala usus buntu. Sebuah demam dapat dikategorikan sebagaigejala usus buntu jika suhu pasien meningkat hingga 39 derajat celcius. Demam ini juga umumnya disertai dengan rasa sakit yang menusuk pada bagian perut, sehingga pasien kesulitan berdiri.
Rasa Nyeri Pada Pusar
Rasa nyeri pada bagian pusar juga bisa dijadikan salah satu tanda penyakit usus buntu. Jika anda merasakan nyeri di bagian kanan bawah perut anda, besar resikonya anda terkena radang usus buntu. Awalnya, rasa nyeri ini hanya berupa rasa mual atau kembung saja di bagian pusar. Namun lambat laun, rasa nyeri akan semakin meningkat dan memburuk ketika penderita menggerakkan kaki, batuk atau tertawa.
Mual dan Muntah
Mual dan muntah juga dapat dikategorikan sebagai gejala awal usus buntu. Di awal kemunculannya, rasa mual dibarengi muntah ini terlihat hampir serupa seperti penyakit masuk angin atau flu perut. Akan tetapi jika anda mengalami hal ini terus-menerus selama lebih dari 12 jam, maka bisa jadi anda mengidap usus buntu. Gejala ini juga dapat menurunkan nafsu makan anda. Tapi tentu saja menurunnya nafsu makan tidak selalu diasosiasikan dengan gejala usus buntuApabila dalam periode 2-3 hari nafsu makan anda membaik, maka anda hanya terkena penyakit perut biasa, bukan usus buntu. Namun jika nafsu makan anda menurun secara berkala pada periode waktu yang tidak ditentukan, anda harus segera pergi ke dokter sebab dapat dipastikan anda terkena penyakit usus buntu.

0 komentar:

Posting Komentar