Kenali Ciri-Ciri Awal Kehamilan

Kehamilan merupakan sesuatu yang pasti ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan muda. Tentu saja, sebab hal ini menandakan pasangan tersebut akan segera dianugrahi momongan sebentar lagi. Nah, tentunya bagi para pasangan muda penting bagi anda untuk dapat mengenali ciri-ciri awal kehamilan. Sebab seringkali ciri-ciri hamil ini disalahartikan dengan gejala kesehatan lain, begitu juga sebaliknya. Nah, jika anda termasuk pasangan muda yang sedang menanti momongan, tentunya penting bagi anda untuk dapat mengenali ciri-ciri awal dari kehamilan. Berikut ini adalah ciri-ciri hamil yang umumnya dirasakan oleh wanita yang mendapatkan kehamilan pertama.

Adanya Bercak Pada Pakaian Dalam
 Bercak pada pakaian dalam ini seringkali disalahartikan sebagai bercak-bercak yang umumnya muncul pada saat menstruasi. Kurang lebih antara 6 hingga 12 hari setelah terjdadinya pembuahan, bakal janin akan menempel di dinding rahim. Proses awal penempelan bakal janin ini umumnya menyebabkan pendarahan pada wanita. Inilah yang nantinya akan menimbulkan keluarnya bercak-bercak seperti menstruasi. Selain menimbulkan bercak-bercak, proses ini dapat menyebabkan kram sehingga tanda awal ini seringkali diartikan sebagai menstruasi.
Terganggunya Proses Menstruasi
Terlambat datang bulan sudah lama dikenal sebagai ciri-ciri hamil. Akan tetapi tidak selamanya terlambat datang bulan ini dapat dikategorikan sebagai pertanda awal kehamilan. Terkadang, periode menstruasi dapat datang terlambat jika seorang wanita mengalami kelelahan. Akan tetapi, beberapa wanita tetap mengeluarkan darah atau bercak-bercak flek meskipun menstruasinya terlambat. Jika anda terlambat datang bulan dan tidak mengeluarkan bercak-bercak dari dinding rahim anda sama sekali, maka bisa jadi anda hamil.
Morning Sickness
Selain proses menstruasi yang terganggu, morning sickness adalah salah satu ciri-ciri hamil yang umum dikenali oleh wanita dan pasangannya. Morning sickness adalah rasa mual-mual yang dialami pada pagi hari dan terjadi pada rentang waktu 2 – 8 waktu masa kehamilan. Beberapa wanita hanya merasa mual saja, namun pada beberapa kasus morning sickness seringkali disertai dengan muntah-muntah. Meskipun diberi nama morning sickness, gejala ini tidak hanya dialami pada pagi hari saja. Seorang wanita bisa mendapatkan morning sickness selama 4 – 5 kali sehari. Morning sickness ini umumnya dipicu oleh meningkatnya hormon hCG (human chorionic gonadotropin) pada saat kehamilan, atau bisa juga dikarenakan meningkatnya indra penciuman wanita.
Perubahan Pada Bentuk Tubuh
Salah satu ciri-ciri awal kehamilan yang paling menonjol dapat kita temukan pada perubahan bentuk wanita. Tentu saja ketika hamil, perut akan terlihat membuncit, namun perubahan fisik ini tidak hanya terjadi pada perut saja. Bagian-bagian tubuh seperti paha dan bokong juga akan ikut membesar. Adapun payudara wanita akan membengkak dan terasa lembut. Areola juga akan menghitam. Seringkali saat hamil, wanita mengeluhkan payudara mereka kesemutan dan juga terasa ngilu seperti saat pertama kali tumbuh.

0 komentar:

Posting Komentar