Berikut Ini Adalah Tanda-Tanda Untuk Kenali Kehamilan

Kehamilan adalah sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan muda. Mengapa tidak, hal ini menandakan bahwa pasangan tersebut akan dikaruniai buah hati sebentar lagi. Meskipun begitu, tidak semua orang dapat mengenali tanda-tanda kehamilan dengan baik. Seringkali tanda-tanda tersebut bukanlah pertanda kehamilan, melainkan gangguan kesehatan ringan belaka. Begitupun juga sebaliknya. Untuk itu, penting bagi setiap pasangan muda untuk mengenali apa saja tanda-tanda awal yang bisa digunakan untuk mengenali kehamilan. Meskipun begitu, patut diingat tidak semua wanita hamil bisa mendapatkan tanda-tanda ini. Nah, jika anda termasuk salah satu pasangan muda yang sedang menunggu kehadiran buah hati, artikel ini akan membantu anda untuk mengenal tanda-tanda umum yang biasa dialami oleh wanita hamil. Yuk, langsung saja cek tanda-tanda kehamilan di bawah ini!
Membengkaknya Payudara
Saat hamil, tak hanya perut saja yang mengalami perubahan bentuk. Anggota-anggota tubuh lain seperti paha maupun bokong umumnya akan semakin membesar sehingga badan terlihat ‘gemuk’. Selain paha dan bokong, payudara juga akan mengalami perubahan bentuk. Umumnya wanita yang sedang hamil payudaranya akan membengkak dan terasa lembut, serta lebih sensitif. Perubahan pada payudara ini biasanya dirasakan pada 7 – 14 hari setelah terjadi pembuahan.
Mudah Lelah
Kelelahan dapat juga dikategorikan sebagai tanda-tanda kehamilanmeskipun tidak semua kelelahan dapat diartikan sebagai ciri awal kehamilan. Saat anda hamil, biasanya aktivitas seringan apapun dapat membuat anda merasa lelah. Biasanya tanda-tanda yang satu ini sering dialami oleh wanita yang bekerja diluar rumah selama 5 – 7 jam sehari. Tak hanya mudah lelah saja, wanita hamil juga mudah merasa stress meskipun tidak sedang berada pada tekanan-tekanan tertentu.
Morning Sickness
Pada saat hamil, indra penciuman wanita meningkat sehingga hidung menjadi lebih sensitif dalam mencium bebauan yang terdapat di sekitarnya. Hal inilah yang dapat memicu terjadinya morning sickness. Morning sickness merupakan rasa mual-mual dibarengi muntah. Meskipun diberi nama ‘morning sickness’, pertanda kehamilan yang satu ini tidak selalu datang pada pagi hari. Ada kalanya seorang wanita bisa mendapatkan gejala ini sebanyak 3 – 5 kali selama sehari. Selain disebabkan meningkatnya indra penciuman wanita, morning sickness juga bisa disebabkan akibat adanya peningkatan hormon estrogen.
Mengidam
Meskipun gejala ini seringkali diasosiasikan sebagai tanda-tanda kehamilan wanita, fase mengidam ini tidak dialami oleh semua wanita. Wanita yang mengidam seringkali merasakan dorongan untuk mengonsumsi atau melakukan hal-hal tertentu, dan jika tidak dipenuhi, bisa jadi kondisi emosinya terganggu. Adapun pada beberapa kasus, jika sebelumnya wanita tersebut tidak menyukai makanan tertentu, pada saat hamil bisa jadi ia malah mengidamkan untuk mengonsumsi makanan yang sebelumnya tidak ia sukai tersebut. Mengidam sendiri sebetulnya adalah hal yang sangat normal terjadi pada wanita karena disebabkan perubahan hormon yang terjadi pada wanita.

0 komentar:

Posting Komentar